Skip to main content

Tes CPNS 2014

Hmmm, kali ini aku akan berbagi pengalaman tes cpns. Aku coba-coba mendaftar CPNS tahun ini. Kebetulan di kabupaten Jepara membuka lowongan CPNS formasi Pengadministrasi Umum lulusan SMK Komputer. Aku coba saja untuk mendaftar. Aku mendaftar lewat website Panselnas https://regpanselnas.menpan.go.id/ dan BKN http://sscn.bkn.go.id/ ternyata aku berhasil.
Setelah melewati tahap pendaftaran, selanjutnya seleksi administrasi. Berkas-berkas administrasi yang dibutuhkan dan kartu pendaftaran yang aku dapat, aku kirimkan ke Jepara lewat Kantor Pos. Selang beberapa hari, diumumkan hasil seleksi administrasi, dan alhamdulillah, aku lolos. Aku tunggu balasan surat dari Jepara yang berisi kartu peserta ujian CPNS. Beberapa hari kemudian, surat itu sampai :)


Pelan-pelan aku membuka amplop dan melihat isinya. Ternyata kartu ujian dan undangan untukku mengikuti Tes CPNS. Aku mendapat tempat ujian di Pati, Jawa Tengah dan mendapat giliran sesi V.

Tanggal 24 November 2014
Aku berangkat ke Pati bersama ibuku. Kami akan menginap di tempat saudara di Pati. Untungnya ada saudara disana :)  Kami sampai di Pati sore hari. Kulihat jalan raya yang sepi, ternyata tidak seperti Kota Magelang, yang ramai, macet, dan penuh sesak. Lalu aku diantar untuk melihat tempat Tes di Bakorwil 1 Pati.

Tanggal 25 November 2014
Hari ini adalah tes CPNS sesi V pukul 15.00. Aku mempersiapkan diri belajar dan istirahat cukup. Pukul 14.00 WIB, aku berangkat menuju tempat Tes. Aku sempat bingung sampai disana. Karena aku sendiri, tak ada teman sama sekali. Aku beranikan bertanya dengan salah satu peserta yang juga akan mengikuti Tes. Dapat 1 teman baru :D
Nih, pas aku tinggal sebentar, mau kasih tau saudaraku kalau aku ditinggal saja, pas kembali, eh, ilang nih teman baru :o  Usianya lebih tua dari aku. Yah, aku sendiri lagi. Aku berdiri sambil menunggu pukul 15.00 WIB. Dan disebelahku ada peserta CPNS juga yang diantar ibunya. Dari jauh sudah terlihat kalau peserta ini lebih muda dari aku ^.^  
Tiba-tiba ibu2 itu tanya padaku, lalu anaknya ikut2an tanya. Dan dapat 1 teman lagi, agak minder sih, soalnya ini anak baru saja lulus SMK :P   Tapi setelah aku tanya2, ternyata beda formasi XD  Anak ini nginthil aku terus, wkwk.. Sampai akhirnya panitia memberi kode kalau peserta dipersilahkan masuk untuk registrasi ulang. Ini anak gandheng tanganku terus, gak pa2 lah, cepet akrab XD
Masuknya aja dari 4 orang 4 orang, huh, mesti nunggu. Akhirnya, kami bisa masuk bersama. Tapi, tempat registrasi kami berbeda, daaan kepisah lagi :(  Oh, iya, unik juga ternyata tes cpns itu. Saat masuk, barang dititipkan ke panitia (seperti di swalayan XD) tidak boleh membawa apapun selain kartu tes dan KTP. Lalu, aku menuju ke tempat registrasi, aku mendapat tempat registrasi 3. Disuruh tanda tangan 2 kali, dan di cap (seperti kalau mau masuk Dufan :p). Kemudian, diperiksa pakai alat, hehehe.. Itu tuh, yang untuk mendeteksi, kalau2 membawa benda aneh, mungkin salah satunya HP.

Yah... Sendiri, ajak ngobrol aja orang2 di dekatku, #sokakrab  Tapi gak pa2 lah daripada nglangut, sendirian, plonga-plongo, hehehehe..
Sebelum tes, kami semua diberikan pengarahan dulu, bagaimana cara-cara mengerjakan tes menggunakan CAT. Setelah itu, kami masuk ke ruang tes, berbaris rapi. Sampai di dalam, ternyata tes dilakukan menggunakan laptop. Banyak sekali laptop disana, haha, andai saja boleh ambil satu :p
Ternyata, sebelahku seumuran denganku, meskipun beda formasi, tapi seneng bisa kenal anak yang seumuran sama aku :)
Setelah semua peserta masuk, kami diberikan pengarahan lagi. Dan panitia mulai memberi aba-aba untuk login. Tes pun dimulai......

1 jam 30 menit kemudian, waktu habis, daaaaann.. Scoreku langsung muncul, 307. Lupa rinciannya tapi, tes TWK, TIU, dan TPKnya :(
Semua peserta keluar ruangan, dan mengambil barang. Dan ternyata, nilai langsung muncul di layar. Peringkat 60, hahaha :D
Ya udah deh, gak pa2. Setidaknya pernah mencoba :)  Buka hp, ibuku dan mbak Ayuk udah misscall buanyaak banget. Iya lah, keluar ruangan aja jam 6 kurang, pas Maghrib, huhuhu...
Ternyata, aku udah dijemput :)
Sampai rumah saudaraku, mati lampu. Air juga mati, duuhh, nggak mandi..

Tanggal 26 November 2014
Aku dan ibuku pamit pulang.


Comments