Skip to main content

Antara harus pindah dan tidak

Dilema.. Bimbang.. Itulah yang sedang aku rasakan. Ketika ibuku menyuruhku untuk pindah wiyata, sampai sudah memberitahu pamanku yang juga Kepala Sekolah di sebuah SD, dan aku berencana untuk pindah meninggalkan SD-ku saat ini. Tapi hatiku, seperti mengatakan "Tidak usah pindah". Kenapa ?

Akhir-akhir ini, memang itulah yang membuatku bimbang. Hatiku, jiwaku, ragaku, sudah melekat di SD-ku saat ini. Entah apa yang harus aku lakukan. Yang pasti, aku harus menentukan pilihan, mana yang terbaik untukku.


Ketika aku tidak pindah, mungkin aku harus setiap hari melalui perjalanan yang jauh, dari rumahku ke sekolah. Mengingat harga BBM naik, dan gajiku saja tidak cukup untuk sebulan. Aku juga tidak akan merasakan seperti apa rasanya memegang sebuah kelas, mempunyai anak satu kelas. Tidak bisa belajar, bagaimana mengajar sebuah kelas yang baik dan benar.

Di sisi lain, pekerjaanku saat ini sangatlah nyaman. Sebagai operator sekolah, aku merasa sudah menjadi diriku yang sebenarnya. Merasa "pas" sesuai dengan ijazahku, dan sangat nyaman. Aku juga sudah berteman sangat akrab dengan Bapak/Ibu guru disana. Bisa dibilang, ada yang sudah aku anggap sebagai nenekku, bibi dan pamanku, ibu dan ayahku, tanteku, dan kakakku. Semuanya komplit. Dan itu jauh seperti suasana di dalam rumahku saat ini. Disanalah aku bisa tertawa lepas bersama mereka. Bagaimana aku bisa melepaskan mereka ?

Kalau aku pindah, ada yang selalu aku pikirkan. Apa teman-teman di tempat kerjaku yang baru akan seperti di tempat kerjaku yang lama ? Apakah bisa membuatku tertawa lepas ? Apakah bisa mengobati rasa jenuhku di rumah ? Dan aku juga tidak bisa merasakan menjadi operator sekolah lagi. Tetapi, tempat kerjaku itu lebih dekat dari rumah. Tapi apakah gajiku akan sama seperti saat ini ? Mengingat aku bukan operator sekolah lagi dan tak kan pernah ada tambahan-tambahan lagi jika aku sangat membutuhkannya.

Kawan, kalian semua yang membaca ini, tolong berikan komentar ya. Kira-kira, apa yang harus aku lakukan ? Pindah atau tetap berada di sekolah yang lama ?

Aku sangat membutuhkan jawaban kalian. Sekian dulu hari ini.

Comments